Skip to main content

Pengukuran Dan Besaran



PENGERTIAN

MENGUKUR adalah suatu bentuk aktivitas atau kegiatan membandingkan suatu besaran yang di ukur dengan besaran sejenis yang di pakai sebagai satuan. Hasil sebuah pengukuran akan menjadi lebih berarti jika di nyatakan dalam sebuah satuan international (SI). Oleh karena itu pada tahun 1700 an sekelompok Ilmuwan memperkenalkan sebuah satuan international yang di kenal dengan nama sistem metrik. 

Penamaan sistem international tersebut di ambil dari bahasa Perancis yaitu , Le Systeme Internationale d'Unites. Sistem International tersebut lebih mudah di pergunakqn karena menggunakan kelipatan bilangan sepuluh sebagai satuan dasarnya. 

BESARAN POKOK DAN BESARAN TURUNAN

Pengertian Besaran dalam ilmu fisika adalah sesuatu yang bisa dan dapat di ukur serta memiliki nilai. Besaran secara garis besar di bagi menjadi dua buah kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan.


BESARAN POKOK

Besaran pokok adalah besaran yang nilainya di definisikan sendiri.

Contoh besaran pokok yaitu :


1. Panjang »»» Satuan Meter »»» Simbol M

2. Massa »»» Satuan Kilogram »»» Simbol Kg

3. Waktu »»» Satuan Sekon »»» Simbol S

4. Suhu »»» Satuan Kelvin »»» Simbol K

5. Kuat Arus Listrik »»» Satuan Ampere »»» Simbol A

6. Intensitas Cahaya »»» Satuan Candele »»» Simbol Cd

7. Jumlah Zat »»» Satuan Mol »»» Simbol Mol

Berikut ini adalah penjabarannya, yaitu :


1. Panjang

Panjang adalah jarak antara dua buah titik. Satuan panjang dalam sistem International adalah Meter. Satu meter standar adalah sama dengan jarak yang di tempuh cahaya dalam ruang hampa udara selama 1/299792458 sekon. Dalam kehidupan kita sehari - hari panjang biasanya di ukur dengan alat seperti mistar (penggaris), rol meter, jangka sorong atau mikrometer skrup.

2. Massa

Massa adalah jumlah materi yang di kandung oleh sebuah benda. Satuan massa dalam SI adalah Kilogram (Kg). Satu kilogram standar adalah sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang di simpan di Sevres Prancis. 

Massa satu kilogram setara dengan satu liter air pada suhu 4 ° Celcius. Masyarakat seringkali menyamakan antara massa dan berat padahal itu adalah hal yang berbeda. Massa suatu benda di tentukan oleh kandungan materialnya dan tidak mengalami perubahan walaupun kedudukannya berubah. Sebaliknya berat sangat tergantung pada kedudukan dimana benda tersebut berada. Alat ukur massa adalah timbangan atau neraca.

3. Waktu

Waktu adalah selang antara dua kejadian atau peristiwa. Satuan waktu dalam SI adalah sekon atau detik. Satu sekon standar adalah waktu yang di butuhkan oleh atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Alat ukur waktu antara lain jam atau stopwatch. Satuan - satuan waktu yang lebih besar antara lain ialah Jam, hari, bulan, tahun dan abad. Satu hari sama dengan 24 jam, satu jam sama dengan 60 menit dan satu menit sama dengan 60 sekon.

Demikian materi bahasan mengenai besaran pokok. Di artikel selanjutnya nanti akan kita ulas mengenai besaran turunan.

Selamat belajar

Catatan kaki : Buku pelajaran IPA SMP kelas VII Diknas

Rekomendasi Artikel
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar