Media Referensi Tentang Pelajaran Sekolah Dan Pengetahuan Umum

Breaking

Saturday, February 9, 2019

Mata Pelajaran IPA SMP | BAB Tentang Perubahan Materi Bagian Ketiga



Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari tentang Zat, Perubahan fisika dan Perubahan kimia maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pemisahan Campuran.

PEMISAHAN CAMPURAN

Campuran adalah zat yang terbentuk akibat dari perubahan fisika sehingga unsur - unsur utama zat tersebut masih ada dan tidak hilang. Pemisahan campuran dari unsur penyusunnya dapat di lakukan dengan berdasarkan beberapa kriteria misalnya ukuran kristal, titik didih, laju penguapan dan sebagainya. Sementara cara untuk memisahkan campuran tersebut dapat di tempuh dengan beberapa cara atau metode yaitu penyaringan, kromatografi, destilasi, sentrifugasi dan sublimasi.

Penjelasan dari kelima cara tersebut adalah sebagai berikut :

» Metode Penyaringan


Penyaringan adalah proses pemisahan campuran berdasarkan pada ukuran kristal dan perbedaan kelarutan yang terjadi. Zat cair yang dapat menembus penyaringan di sebut filtrat, sedangkan bagian yang tertinggal di sebut sebagai residu. Proses penyaringan di dalam laboratorium dapat di lakukan dengan menggunakan kertas saring dan corong.
Aplikasi dari prinsip penyaringan ini dapat dipakai untuk proses penjernihan air sederhana.

» Metode Kromatografi

Dasar pemisahan campuran dengan cara kromatografi adalah perbedaan kecepatan merambat antara partikel - partikel yang tercampur dalam sebuah medium tertentu. Pemisahan campuran dengan metode ini biasanya di pakai dalam bidang olahraga untuk melakukan test penggunaan doping pada atlet yang bertanding. Metode ini juga di pakai untuk melihat apakah ada campuran zat warna pada makanan atau tidak.

» Metode Destilasi (Penyulingan)

Metode penyulingan di gunakan untuk memisahkan suatu zat cair dari campurannya. Prinsip kerjanya adalah berdasarkan pada perbedaan titik didih pada setiap zat yang bercampur sehingga ketika menguap maka tiap - tiap zat tersebut akan terpisah. Metode penyulingan biasa di gunakan dalam bidang Migas yakni penyulingan minyak.


» Metode Sublimasi

Pemisahan campuran dengan metode sublimasi ini prinsip kerjanya adalah dengan cara menguapkan atau menyublim (Perubahan wujud dari benda padat ke gas). Contoh nya adalah pada pengolahan garam oleh para petani garam yakni dengan cara melakukan penguapan pada air laut.


» Metode Sentrifugasi

Metode sentrifugasi pada umumnya di gunakan dalam bidang kesehatan yakni pada proses pemisahan sel - sel darah merah dan sel - sel darah putih yang ada pada plasma darah.

Demikianlah pembahasan tentang perubahan materi bagian ketiga yakni tentang pemisahan campuran.

BACA JUGA ARTIKEL INI
  • Perubahan Materi Bagian Kesatu Link
  • Perubahan Materi Bagian Kedua Link
Selamat belajar

No comments:

Post a Comment

Adbox