Media Referensi Tentang Pelajaran Sekolah Dan Pengetahuan Umum

Breaking

Friday, February 8, 2019

Mata Pelajaran IPA SMP | BAB Tentang Perubahan Materi Bagian Kesatu



Jika kita perhatikan alam di sekeliling kita terdiri dari banyak benda - benda seperti misalnya batu, tanah, angin , air sungai dan sebagainya. Semua benda - benda tersebut mempunyai salah satu dari dua sifat dasar yaitu sifat fisika dan sifat kimia. Diantara benda - benda di sekitar kita banyak terdapat benda yang bersifat tidak tetap artinya benda - benda tersebut dapat mengalami perubahan baik secara bentuk (Fisika) maupun secara kimia. Sebagai contoh misalnya perubahan air yang menguap dan akhirnya menjadi hujan.

SIFAT - SIFAT ZAT

Benda atau materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Secara umum sebuah zat atau materi terbagi menjadi tiga (3) kelompok yaitu benda padat, benda cair dan gas. Sedangkan berdasarkan pada sifatnya benda atau materi di bagi menjadi dua jenis yaitu sifat fisika dan sifat kimia.

a. Sifat Fisika Zat

Pengertian dari sifat fisika adalah sifat benda yang dengan mudah di amati tanpa merubah susunan dari zat atau benda tersebut. Sifat fisika suatu zat bisa meliputi bentuk zat, warna, kelenturan, kekerasan, daya hantar, kekentalan, titik didih, titik beku, titik leleh , magnetik dan massa jenis.


Apakah massa jenis itu ? Massa jenis adalah salah satu sifat fisika dari suatu zat atau materi. Dengan mengetahui massa jenis suatu benda kita dapat memanfaatkannya dalam kehidupan kita. Massa jenis di peroleh dari pembagian antara massa dan volume. Jika kita asumsikan bahwa massa jenis adalah P, massa adalah M dan volume adalah V, maka massa jenis bisa susun sebagai sebuah rumus yakni :

P = M/V

Satuan dari massa jenis dalam standar internasional  di rumuskan sebagai berikut ini :

Satuan massa jenis= Satuan massa/satuan Volume = kg/m3

Untuk mengukur massa jenis dapat menggunakan neraca atau sebuah mistar untuk sebuah benda yang bentuknya teratur. Sedangkan untuk benda - benda yang tidak teratur dapat menggunakan gelas ukur seperti misalnya air, minyak, dan sebagainya.

b. Sifat Kimia Zat

Sifat kimia adalah sebuah  benda atau zat yang menyatakan perubahan tertentu. Sifat kimia sebuah zat terdiri dari pembakaran, karat (korosi), pembusukan, sifat asam dan juga Ph dari benda tersebut.

Setelah kita mengetahui sifat - sifat kimia sebuah benda maka kita dapat memanfaatkan dan menggunakannya untuk kebutuhan kita sehari - hari. Dan dengan mengetahui sifat - sifat kimia dari benda tersebut maka kita akan lebih berhati - hati lagi. Salah satu contoh sifat kimia adalah bensin yang mudah terbakar sehingga membuat kita harus lebih berhati - hati lagi. Contoh lain misalnya besi yang mudah berkarat maka perlu untuk di cat terlebih dahulu agar tahan terhadap perubahan cuaca nantinya.


Demikian pembahasan mengenai Sifat - sifat Zat atau materi.

Bersambung ke »»»» Perubahan Materi Bagian Kedua Link

No comments:

Post a Comment

Adbox