Iklan Billboard 970x250

Mata Pelajaran IPA SMP | Klasifikasi Hewan

Mata Pelajaran IPA SMP | Klasifikasi Hewan

Sumber:pinterest

Melanjutkan pembahasan dalam artikel sebelumnya yakni mengenai klasifikasi mahluk hidup, berikut ini akan saya lanjutkan dengan pembahasan mengenai Klasifikasi hewan.

Berdasarkan atas ciri - ciri kindomnya, hewan dapat di kelompokkan menjadi dua jenis kelompok besar yakni kelompok hewan bertulang belakang ( Vertebrata ) dan kelompok hewan tidak bertulang belakang ( Avertabrata ). 

1. HEWAN VERTEBRATA ( Bertulang belakang )


Sumber:pixabay

Kelompok hewan bertulang belakang di kelompokkan lagi menjadi 5 (lima) kelas yaitu : 
  • Pisces (Ikan), memiliki ciri - ciri seperti habitat hidupnya berada di dalam air, mempunyai bentuk tubuh streamline, bernafas menggunakan insang dan mempunyai alat untuk bergerak yakni sirip.
  • Amphibia, memiliki ciri - ciri seperti hidup di darat dan di air, bernafas menggunakan paru - paru. Contoh hewan amphibi antara lain katak dan salamander.
  • Reptilia, memiliki ciri - ciri tubuhnya di tutupi oleh sisik, bernafas dengan paru - paru. Contoh hewan reptilia antara lain ular, buaya, kadal dan kura - kura.
  • Aves (Burung), memiliki ciri - ciri tubuhnya di tutupi oleh bulu - bulu, mempunyai alat untuk bergerak berupa kaki dan sayap serta bernafas dengan paru - paru. Contoh hewan dalam kelompok ini antara lain ayam, angsa, itik dan sebagainya.
  • Mamalia, memiliki ciri - ciri tubuhnya di tutupi oleh rambut, berkembang biak dengan cara beranak, memiliki kelenjar susu, serta bernafas dengan menggunakan paru - paru. Contohnya antara lain kucing, sapi, anjing, kerbau, kelelawar dan sebagainya.


Sumber:pixabay

2. HEWAN AVERTEBRATA ( Tidak bertulang belakang )


Sumber:pixabay

Kelompok hewan tidak bertulang belakang di kelompokkan lagi menjadi 8 (delapan) jenis yaitu :
  • Protozoa (Hewan bersel satu), memiliki ciri - ciri antara lain bersel tunggal, bersifat mikroskopis atau hanya bisa di lihat dengan mikroskop, heterotrof dan bergerak, habitatnya di dalam tanah dan air, dalam tubuh manusia dan berkembang biak dengan cara membelah diri.
  • Porifera (Hewan berpori), memiliki ciri - ciri antara lain mempunyai lubang pori - pori pada tubuhnya, hidup di dalam air baik air tawar maupun asin, tidak bergerak ( menempel), dan berkembang biak dengan cara bertunas. Contoh dari porifera yakni spongilla, Euspongia, poterion dan scypha.
  • Coelenterata ( Hewan berongga), memiliki ciri - ciri antara lain mempunyai bentuk tubuh seperti tas dengan bagian yang terbuka seperti mulut, mempunyai rongga dan mempunyai tentakel untuk menangkap mangsanya. Contoh nya adalah ubur - ubur, obelia, bunga karang, anemone dan hydra.
  • Cacing pipih dan cacing gilig, memiliki ciri - ciri antara lain tidak bercangkang, bertubuh lunak, dan bentuk tubuhnya simetris bilateral. Contoh dari cacing pipih (Platyhelminthes) yaitu cacing pita, panaria dan cacing hati. Contoh dari cacing gilig (Nemathelminthes) yaitu cacing perut, cacing kremi, cacing tambang dan cacing gelang.
  • Cacing bersegmen (Anelida), memiliki ciri - ciri antara lain bersegmen, tubuhnya lunak, habitatnya di tanah, memiliki alat gerak yaitu parapodia. Contoh nya adalah cacing tanah dan lintah.
  • Arthropoda (Hewan berbuku - buku), memiliki ciri - ciri antara lain berbuku - buku, mempunyai bagian yang jelas seperti kepala, dada dan perut, tubuhnya di lindungi oleh zat kitin yang keras, memiliki indera yang peka terhadap sentuhan dan bau, memiliki mata faset atau majemuk yang terdiri dari beribu - ribu mata kecil yang berbentuk segienam. Anthropoda sendiri di bagi menjadi 4(empat) kelas yaitu Serangga (insecta) misalnya belalang dan kumbang. Kemudian Udang - udangan ( Crustacea ) contohnya udang, kepiting dan rajungan. Lalu Laba - laba (Arachoidea) ckntohnya laba - laba, kalajengking,kutu dan caplak. Dan yang terakhir adalah Myriapoda ( Lipan) contohnya kelabang dan kaki seribu.
  • Mollusca (Hewan lunak), memiliki ciri - ciri antara lain tidak bersegmen, tubuhnya lunak, dan tertutup oleh cangkang yang keras. Habitatnya ada di darat dan di air. Contoh hewan mollusca yaitu cumi - cumi, gurita, siput, kerang,tiram dan remis.
  • Echinodermata (Hewan berkulit duri), memiliki ciri - ciri antara lain tubuhnya kasar serta berduri, berbentuk seperti bintang, habitatnya di air asin. Hewan berkulit duri di bagi lagi menjadi 5 (lima) kelas yakni Asteroidea misalnya bintang laut, Echinoidea misalnya landak laut dan bulu babi, Ophiuroidea misalnya bintang ular, Crinoidea misalnya lilia laut, Holothuroidea misalnya teripang laut.
Sumber:pixabay

Demikian penbahasan mengenai Klasifikasi hewan, semoga semakin menambah pengetahuan kalian semua. 

Baca Juga
SHARE
Pujakesuma
Hi, Nama Saya Pujakesuma, Seorang blogger yang menyukai dunia Blogging, Travelling, Membaca, Mancing dan Mendengarkan musik
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post